Posted by : vhienaa
Minggu, 03 April 2016
Assalamualaikum guys,, baik disini aku
akan bercerita sedikit tentang SCM .. J
J
Pasti anda
penasarankan apa itu SCM ..
Baik saya
akan jelaskan tentang SCM ,.
Sebelum ke
Supply Chain Mangement saya akan jelaskan apa itu supply chain ,yaitu jaringan
perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan
mengahantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir .
SCM adalah
Suplly chain Management yang artinya integrasi beberapa kunci proses bisnis
dari end user hingga para pemasok menydiakan produk,jasa,dan informasi yang
menjadi nilai tambah untuk para pelanggan dan stakeholder.
Misalnya saja
dari supplier,pabrik,distributor,toko.
Latar belakang adanya Suplly chain Management ada 2 hal,yaitu :
a. Praktek managemen logistik tradisional
yang bersifat universal pada era modern ini yang sudah tidak relevan, karena
tidk dapat menciptakan keunggulan kompetitif.
b. Perubahan lingkungan bisnis yang
semakin cepat dengan persaingan yang semakin ketat ini.
Proses kunci dalam Suplly chain
Management antara lain :
1. Customer relationship management
2. Customer service management.
3. Demand management.
4. Order fulfillment.
5. Manufacturing flow management.
6. Procurement.
Dalam kunci
diatas akan tercipta suatu aliran dan suatu integrasi dan suatu management
bisnis.
Aliran dari
Suplly chain Management :
Finansial .invoice.term
pembayaran
Material : bahan baku.
Komponen. Produk jadi
Informasi : kapasitas. Status
pengiriman. Quotation.
Finansial
pembayaran
Material
retur recycle repair
Informasi
order .ramalan.RFQ/ RFP
4 area dasar yang harus dibuat dalam Suplly
chain Management adalah :
1. Fasilitas artinya tempat untuk
menyimpan barang yang dirakit atau dibuat. Fasilitas di bagi menjadi 2 yaitu
produksi dan tempat penyimpanan . lokasi serta fleksibilitas sangat berpengaruh
pada kekuatan dari supply chain. Jika kapasitas besar dan lokasi sangat
strategis maka Suplly chain Management akan berjalan dengan baik dan berhasil.
2. Inventory adalah semua bahan baku dan
barang jadi.
3. Transportasi itu perpindahan barang
dari fasilitas ke fasilitas yang lainya. Transportasi dapat berupa kombinasi
rute dan model yang masing-masing memiliki karakter yang berbeda
4. Informasi yang berisi data analisa
mengenai ketiga hal diatas ditambah dengan pelanggan informasi sangat penting
dan mempengaruhi area dari Suplly chain yang lain.
Manfaat dari Suplly chain Management :
a. Kepuasan pelanggan.
Pengguna
produk merupakan target utama dari aktivitas proses produksi,setiap produk yang
dihasilkan perusahaan. Konsumen yang diamaksud dalam konteks ini tentunya
konsumen yang setia dalam jangka waktu yang panjang. Untuk menjadikan konsumen
tersebut setia maka terlebih dahulu konsumen harus puas dengan pelayanan yang
disampaikan oleh perusahaan.
b. Meningkatkan pendapatan.
Semakin
banyak konsumen yang setia dan menjadi mitra perusahaan berarti akan turut pula
meningkatkan pendapatan perusahaan,sehingga produk-produk yang dihasilkan
perusahaan tidak akan terbuang percuma karena diminati konsumen .
c. Menurunya biaya
Pengintegrasian
aliran produk dari perusahaan kepada konsumen akhir berarti pula mengurangi
biaya-biaya pada jalur distribusi.
d. Pemanfaatan aset semakin tinggi.
Aset
terutama faktor manusia akan semakin terlatih dan terampil baik dari segi
pngetahuan maupun ketrampilan. Tenaga manusia akan mampu memberdyakan
penggunaan teknologi tinggi sebagaiman yng dituntut dalam pelaksanaan Suplly
chain Management.
e. Peningakatan laba
Dengan
semakin meningkatnya jumlah konsumen yang setia dan menjadi pengguna produk,
pada giliranya akan meningkatkan laba perusahaan.