Posted by : vhienaa Minggu, 03 April 2016




Assalamualaikum guys,, baik disini aku akan bercerita sedikit tentang SCM .. J J
Pasti anda penasarankan apa itu SCM ..
Baik saya akan jelaskan tentang SCM ,.
Sebelum ke Supply Chain Mangement  saya akan  jelaskan apa itu supply chain ,yaitu jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan mengahantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir .
SCM adalah Suplly chain Management yang artinya integrasi beberapa kunci proses bisnis dari end user hingga para pemasok menydiakan produk,jasa,dan informasi yang menjadi nilai tambah untuk para pelanggan dan stakeholder.
Misalnya saja dari supplier,pabrik,distributor,toko.
Latar belakang adanya  Suplly chain Management ada 2 hal,yaitu :
a.    Praktek managemen logistik tradisional yang bersifat universal pada era modern ini yang sudah tidak relevan, karena tidk dapat menciptakan keunggulan kompetitif.
b.    Perubahan lingkungan bisnis yang semakin cepat dengan persaingan yang semakin ketat ini.
Proses kunci dalam Suplly chain Management antara lain :
1.     Customer relationship management
2.    Customer service management.
3.    Demand management.
4.    Order fulfillment.
5.    Manufacturing flow management.
6.    Procurement.
Dalam kunci diatas akan tercipta suatu aliran dan suatu integrasi dan suatu management bisnis.
Aliran dari Suplly chain Management :
                   Finansial .invoice.term pembayaran
                   Material : bahan baku. Komponen. Produk jadi
                   Informasi : kapasitas. Status pengiriman. Quotation.


 


                                                                                                         
Finansial pembayaran          
Material retur recycle repair
Informasi order .ramalan.RFQ/ RFP
4 area dasar yang harus dibuat dalam Suplly chain Management adalah :
1.     Fasilitas artinya tempat untuk menyimpan barang yang dirakit atau dibuat. Fasilitas di bagi menjadi 2 yaitu produksi dan tempat penyimpanan . lokasi serta fleksibilitas sangat berpengaruh pada kekuatan dari supply chain. Jika kapasitas besar dan lokasi sangat strategis maka Suplly chain Management akan berjalan dengan baik dan berhasil.
2.    Inventory adalah semua bahan baku dan barang jadi.
3.    Transportasi itu perpindahan barang dari fasilitas ke fasilitas yang lainya. Transportasi dapat berupa kombinasi rute dan model yang masing-masing memiliki karakter yang berbeda
4.    Informasi yang berisi data analisa mengenai ketiga hal diatas ditambah dengan pelanggan informasi sangat penting dan mempengaruhi area dari Suplly chain yang lain.
Manfaat dari Suplly chain Management :
a.    Kepuasan pelanggan.
Pengguna produk merupakan target utama dari aktivitas proses produksi,setiap produk yang dihasilkan perusahaan. Konsumen yang diamaksud dalam konteks ini tentunya konsumen yang setia dalam jangka waktu yang panjang. Untuk menjadikan konsumen tersebut setia maka terlebih dahulu konsumen harus puas dengan pelayanan yang disampaikan oleh perusahaan.
b.    Meningkatkan pendapatan.
Semakin banyak konsumen yang setia dan menjadi mitra perusahaan berarti akan turut pula meningkatkan pendapatan perusahaan,sehingga produk-produk yang dihasilkan perusahaan tidak akan terbuang percuma karena diminati konsumen .
c.    Menurunya biaya
Pengintegrasian aliran produk dari perusahaan kepada konsumen akhir berarti pula mengurangi biaya-biaya pada jalur distribusi.
d.    Pemanfaatan aset semakin tinggi.
Aset terutama faktor manusia akan semakin terlatih dan terampil baik dari segi pngetahuan maupun ketrampilan. Tenaga manusia akan mampu memberdyakan penggunaan teknologi tinggi sebagaiman yng dituntut dalam pelaksanaan Suplly chain Management.
e.    Peningakatan laba
Dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen yang setia dan menjadi pengguna produk, pada giliranya akan meningkatkan laba perusahaan.
    

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © alvhienaa - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -