Posted by : vhienaa
Minggu, 03 April 2016
Baiklah pada awal kuliah di semester 4 ini saya belajar mata
kuliah E-Business dengan dosen pengampu ialah bp Dhanang Sukmana Adi S.kom .
• Okey,disini
saya akan menjelaskan sedikit tentang E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang
tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan
pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
• E-bussines
memungkinkan sustu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data
internal dan eksternal secara lebih efisiensi dan fleksibel.
Contoh dari e-bussines tersebut misalnya pembelian barang
secara online melalui olx.com dari proses pemesanan barang,konfirmasi
pembayaran, hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang tersebut sudah sampai
kepada customer dilakukan secara elektronik.
E-bussiness memilikikarakteristik tujuan yang sama dengan
bisnis secara konvensional, hanya saja e-bussines memiliki cakupan yang
berbeda.
Dalam kegiatan e-bussiness ada 5 kemungkinan bentuk hubungan
bisnis berdasarkan transaksinya :
1.
Business to
business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2.
Business to consumer (perdagangan antar pelaku usaha
bisnis dengan konsumen)
3.
Consumer to consumer (perdagangan antar konsumen yang
satu dengan konsumen yang lain )
4.
Consumer to business (perdagangan antar konsumen yang
dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
5.
Intrabusiness e-business (perdagangan dalam lingkup
intranet perushaan yang melibatkan pertukaran barang,jasa, dan informasi)
Sasaran dalam
e-businees biasanya adalah pasar ataau market .
Dalam E-Business terdapat
interaksi eksternal antara lain adalah :
-supliers
-customers
-investors
-creditors
-media